Alun-alun Kidul

Pesona Yogyakarta bisa kita lihat setiap saat, termasuk pada malam hari. Di Yogyakarta, ada banyak sekali tempat yang sangat seru untuk dikunjungi di malam hari. Alun-alun Kidul adalah salah satunya. Alun-alun ini bisa dijadikan tempat wisata, tempat nongkrong, tempat berburu makanan, dan melakukan aktifitas seru lainnya. Tempat ini juga menjadi alternative menarik bagi anak-anak muda yang ingin mencari suasana baru untuk nongkrong selain di kafe-kafe dan juga Titik Nol. Untuk melihat keseruannya, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Tentang Alun-alun Kidul

Alun-alun Kidul Yogyakarta dulunya adalah tempat latihan ketangkasan prajurit kraton Jogja. Ini adalah halaman belakang dari istana Raja Yogyakarta yang punya banyak sekali cerita. Menurut cerita, alun-alun ini dibangun supaya halaman belakang kraton mirip dengan halaman depannya, di mana keduanya sama-sama mempunyai pohon beringin yang kembar. Tujuannya agar kraton Jogja tak terkesan membelakangi Laun Selatan milik Ratu Kidul. Namun kini, alun-alun ini sudah beralih fungsi menjadi sebuah taman dan tempat nongkrong yang hits khususnya untuk kawula muda.

Lokasi dan Rute Alun-alun Kidul

Sesuai namanya, alun-alun ini berada di sebelah kidul (selatan). Jika alun-alun utara berada di utara kraton Joga, maka alun-alun kidul ini berada di selatan kraton Jogja sebagai halaman belakang. Alamat persisnya ada di jalan alun-alun kidul, Yogyakarta.

Untuk mencapai lokasi ini, kalian harus melewati suatu tempat yang seperti sebuah terowongan. Terowongan tersebut dikenal dengan nama Plengkung Gading. Plengkung tersebut berada di tengah-tengah antara Pojok Beteng Barat (Jokteng Kulon) dan Pojok Beteng Timur (Jokteng Wetan). Kalian juga bisa lewat sebelah timur Taman Sari atau lewat sebelah timur alun-alun melalui Plengkung Wijilan. Untuk menuju ke Alun-alun Kidul, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Alternatif lainnya adalah menggunakan taksi atau ojek online.

Harga Tiket Alun-alun Kidul

Alun-alun Selatan Yogyakarta memang menjadi sebuah destinasi wisata malam di Jogja. Namun, tempat ini dibuka untuk umum. Jadi, jika kalian ingin berkunjung ke tempat ini, kalian tidak perlu membeli tiket masuk dan cukup membayar uang parkir saja. Namun, bukan berarti kalian tidak akan mengeluarkan uang karena di tempat ini banyak makanan dan minuman lezat yang patut dicoba serta ada juga becak hias yang tak boleh dilewatkan untuk menaikinya berkeliling alun-alun.

Fasilitas Alun-Alun Kidul

Tempat ini menawarkan berbagai fasilitas untuk para pengunjungnya. Salah satunya adalah tempat parkir yang berada di sekeliling alun-alun. Umumnya, pengunjung lebih memilih menggunakan sepeda motor agar mudah memarkirkan kendaraannya dan mengurangi kemacetan. Selain itu, ada juga banyak warung makan dan lesehan yang menyediakan menu-menu istimewa untuk para pengunjung. Untuk toilet dan mushola, bisa kalian temukan di warung-warung makan sekitar. Karena ini adalah tempat terbuka, maka terik mentari di siang hari dan air hujan bisa mengganggu pengunjung.

Aktifitas Seru di Alun-alun Kidul

Lalu, apa saja hal menarik yang bisa kalian lakukan di tempat ini? Tentu saja, ada banyak aktifitas seru yang tidak akan membuatmu bosan berlama-lama di sini. Berikut adalah aktifitas yang perlu kalian coba saat berkunjung di sini:

Masangin

Salah satu aktifitas seru yang tak boleh dilewatkan di Alun-alun Kidul adalah masangin. Dulu, masangin merupakan ritual topo bisu mubeng beteng pada malam 1 Suro di mana selama ritual ini orang-orang tak boleh berusara sedikitpun dan diakhiri dengan melewati ringin kurung. Menurut cerita, kedua pohon beringin itu mempunyai rajah untuk menolak bala dan hanya orang-orang yang hatinya bersih yang sanggup melewati di antara kedua beringin kembar itu.

Kini, mitos masangin masih ada sampai sekarang. Faktanya, banyak orang membutuhkan lebih dari 1 kali percobaan untuk bisa melewati pohon beringin kembar dengan mata tertutup. Meski terlihat mudah, namun banyak yang gagal meski sudah mencoba berkali-kali. Jika kalian tidak membawa penutup mata, ada tempat penyewaan penutup mata di bagian utara Alun-alun Kidul Jogja ini.

Naik Sepeda Tandem dan Odong-odong

Setelah mencoba masangin, kalian bisa mencoba naik dan berkeliling alun-alun dengan sepeda tandem ataupun odong-dong atau becak hias. Becak-becak tersebut dihias dengan lampu kerlap kerlip dan berbagai macam bentuk yang unik seperti lumba-lumba, burung, dll. Untuk menyewa odong-odong tersebut, tarifnya mulai dari 15 hingga 30 ribu rupiah. Tentu ini akan menjadi pengalaman seru yang tak pernah mungkin terlupakan.

Ngangkring dan Lesehan

Ada banyak cara untuk menikmati suasana malam di alun-alun kidul ini. salah satunya adalah dengan jajan di angkringan atau sering disebut ngangkring. Ada juga penjual yang menyediakan lesehan beralaskan tikar. Sambil menikmati menu makanan dan minuman, kalian bisa berbincang-bincang seru bersama keluarga, teman atau pacar. Melihat indahnya bintang dan bulan di langit juga menjadi sensasi tersendiri di tempat ini.

Wisata Kuliner

Tak hanya angkringan & warung lesehan, masih banyak lagi penjaja makanan dan minuman yang terdapat di sekitaran Alun-alun Kidul ini. Misalnya adalah wedang ronde. Selain itu, ada juga tempura. Salah satu menu yang paling unik adalah es goreng. Ada juga cilok serta jajanan lainnya yang tak kalah nikmat. Jika kalian ingin nongkrong di kafe, ada beberapa warung kopi di sekitaran alun-alun ini. Mereka ada yang buka di siang dan malam hari.

Tempat-tempat Wisata di Sekitar Alun-Alun Kidul

Bingung mencari paket wisata Jogja yang terjangkau dan lengkap? Kalian bisa kunjungi website https://www.kartanesia.com untuk mendapatkan info selengkapnya. Selain alkid, ada juga tempat-tempat wisata yang tak kalah menarik di sekitarnya. Salah satunya adalah kraton Yogyakarta yang tepat berada di sebelah utara alun-alun selatan ini. Kraton Jogja masih sangat kental dengan budaya Jawa. Kalian juga bisa melihat pertunjukan seni di kraton Jogja.

Selain itu, ada juga Taman Sari yang berlokasi di sebelah barat alun-alun kidul. Ini merupakan istana air yang sangat asyik sebagai spot berfoto-foto. Di tempat ini, ada lorong-lorong cantik, kolam pemandian yang keren, serta spot menarik lainnya. Dari alkid, kalian bisa menuju ke Taman Sari dengan berjalan kaki atau naik becak.

Kuliner-kuliner Terkenal di Sekitar Alun-alun Kidul

Jika kalian ingin berburu kuliner, ada banyak tempat rekomended untuk dicoba. Salah satunya adalah Brongkos Handayani. Letaknya di sudut alkid di ruas jalan menuju Plengkung Gading. Tempat makan ini buka dari jam 7 pagi sampai habis. Selain brongkos, warung ini juga menjual nasi pecel dan soto ayam. Angkringan Wijilan juga menjadi salah satu tempat berburu kuliner. Beberapa menu andalannya adalah pecel. Oseng-oseng teri, oseng-oseng kikil, sate, dll.

Masih di sekitar Alun-alun Kidul, terdapat Gudeg Wijilan yang sudah sangat populer di Jogja. Ini adalah salah satu tempat yang menyajikan gudeg paling lezat di Jogja. Kemudian, ada juga Bakmi Pak Pele yang juga sangat rekomended. Lokasinya berada di sebelah timur Kraton depan SD Keputran. Ini adalah bakmi legendaris yang menyediakan berbagai menu lezat seperti magelangan, nasi goreng, bakmi nyemek, bakmi godhog, dan bakmi goreng.