Jenis-jenis Rok Beserta Contohnya, Wanita Wajib Tahu!

Setiap wanita setidaknya perlu memiliki 3-4 jenis rok, sebab fashion item yang satu ini bisa dibilang wajib dimiliki oleh wanita. Tapi tahukah kamu bahwa rok itu sangat banyak jenisnya? Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai jenis-jenis rok yang wanita wajib tahu.

Aneka Jenis Rok Mini Keren

Rok Super Pendek (Micro Skirt)

Rok super pendek maka sudah bisa kamu bayangkan sendiri seberapa pendek rok jenis ini. Kalau kamu bisa mengkombinasikan rok super pendek ini dengan fashion item lain yang tepat maka tampilanmu akan terlihat semakin modis.

Pada dasarnya, micro skirt atau rok super pendek ini hanya bisa menutupi bagian pantat wanita saja, sehingga biasanya jenis rok ini dijadikan sebagai luaran celana legging. Rok super pendek ini sangat cocok buat kamu yang punya kaki jenjang sebab akan semakin mempertegas kesan jenjang kakimu.

Rok Mini (Mini Skirt)

Rok mini biasanya memiliki panjang sekitar 5-8 cm di atas lutut. Rok jenis ini sering dipilih untuk menampilkan kesan yang feminin. Kalau merasa kurang percaya diri mengenakan rok mini, kamu bisa mengkombinasikannya dengan kaos kaki yang tingginya selutut atau bisa pula dipadukan dengan stocking warna hitam.

Rok Selutut (Knee-Length Skirt)

Rok selutut dikenal pula dengan istilah knee-length skirt. Panjang rok ini termasuk cukup wajar sehingga bagi mereka yang kurang nyaman tampil seksi sangat menyukai jenis rok dengan panjang selutut ini. Kamu bisa menggunakan rok selutut ini di berbagai acara, mulai dari yang santai, semi formal hingga formal sekalipun.

Rok Midi (Midi Skirt)

Rok midi adalah jenis rok yang panjangnya hingga pertengahan betis. Rok jenis ini juga terbilang sangat mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai macam fashion item, sehingga tidak mengherankan apabila banyak wanita menggandrungi jenis rok midi ini.

Rok Maxi

Sesuai namanya, maka jenis rok ini lebih panjang dari rok midi. Panjang rok jenis ini hingga mata kaki wanita. Menggunakan rok maxi akan membuat kamu terlihat semakin feminin dan anggun.

Rok Menyentuh Lantai (Floor Skirt)

Disebut dengan istilah floor skirt karena panjang rok jenis ini memang sampai menyentuh lantai. Biasanya rok sangat panjang ini hanya digunakan ke acara-acara formal khususnya saat pesta sebab akan membuat tampilanmu terlihat semakin anggun sekaligus glamor ketika mengenakannya.

Rok Span (Pencil Skirt)

Rok span yang juga dikenal dengan istilah pencil skirt cocok buat kamu yang memiliki bentuk tubuh ramping serta kaki yang jenjang. Umumnya, rok span seperti ini sangat cantik jika dikombinasikan dengan pakaian kerja seperti blus.

Bentuk rok span ini akan terlihat semakin ketat di bagian bawah seakan-akan mengikuti lekuk tubuh wanita. Hal tersebut disebabkan karena sisi bawah dari rok ini memang dimasukkan ke dalam sekitar 2-5 cm.

Rok Pleated

Jenis rok pleated merupakan rok yang punya lipatan-lipatan pada seluruh permukaannya. Jenis rok seperti ini juga cukup mudah untuk dikombinasikan dengan model atasan apa saja, mulai dari t-shirt, kemeja hingga blouse akan terlihat cantik jika dipadukan dengan rok pleated.

Rok Akordion

Rok jenis akordion ini sekilas mirip dengan pleated skirt, hanya saja kain rok akordion lebih lembut dan punya pola lipatan yang lebih kaku dan kecil daripada pleated skirt. Nama akordion sendiri diambil dari alat musik akordion yang memang memiliki bentuk lipatan-lipatan seperti rok ini.

Rok A-Line

Sesuai namanya, rok A-line memiliki bentuk yang menyerupai huruf A. Dengan kata lain, bagian bawah dari rok ini memiliki model melebar dan rata. Segala bentuk badan cocok mengenakan jenis rok ini, sebab A-line skirt dapat membuat tubuh kelihatan proporsional khususnya mereka yang punya lekuk pinggul besar. Model desain rok A-line ini akan membuat lekuk pinggul terlihat lebih kecil.

Rok Tutu

Dilihat sekilas, rok tutu ini seperti rok yang sering dipakai oleh seorang balerina. Namun, jenis rok seperti ini akan bisa membuat penampilanmu terlihat lebih modis. Bentuk rok yang panjang dengan model seperti A-Line membuat rok jenis ini cukup digemari wanita berhijab yang ingin terlihat fashionable.

Rok Boho (Bohemian Skirt)

Jenis rok ini memiliki panjang sebatas mata kaki dan biasanya terbuat dari katun. Itulah yang menyebabkan rok boho ini nyaman dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Kamu bisa bebas bergerak jika menggunakan rok boho sebab model rok ini sangat longgar. Kesan bohemian semakin terasa dari berbagai macam renda dan bordir beraksen etnik yang sangat kental.

Rok Tumpuk

Jenis rok tumpuk yang juga dikenal dengan sebutan tiered skirt ini adalah rok yang didesain dengan model yang bertumpuk-tumpuk. Model rok seperti ini beresiko membuat pinggul terlihat lebih besar, jadi apabila kamu termasuk orang yang berpinggul besar sebaiknya menghindari memakai rok model tumpuk seperti ini.

Rok Mermaid

Rok mermaid ini tentu saja memiliki bentuk seperti ekor ikan. Ciri rok jenis ini memiliki desain pas badan mulai dari pinggul hingga lutut, tetapi di area bawah lutut dari rok ini akan melebar hingga ke bawah. Kesan glamor dan mewah sangat terlihat dari bentuk rok ini sehingga mermaid skirt paling cocok jika digunakan pada acara-acara formal saja.

Rok Peplum

Rok model peplum umumnya memiliki panjang hingga sebatas lutut. Namun, ada pula yang didesain hingga di bawah ataupun di atas lutut. Jenis rok ini memiliki model yang sangat khas sebab terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian ketat dan bagian yang mengembang.

Bagian mengembang dari rok model peplum biasanya memiliki detail ruffle di bagian pinggang. Detail ruffle pada rok model ini akan membuat tubuh si pemakai rok menjadi terlihat lebih proporsional.

Rok Asimetris

Rok berpotongan asimetris ini cukup unik dan akan membuatmu terlihat modis. Keunggulan mengenakan model rok seperti ini adalah mampu memberikan ilusi pada kaki sehingga akan terlihat lebih jenjang.

Mengetahui berbagai jenis rok dapat membuat penampilanmu tidak akan terlihat monoton dan selalu bisa mengikuti trend terbaru. Punya bermacam-macam model rok dengan warna-warna netral setidaknya akan membuatmu lebih mudah dalam memadupadankan berbagai fashion item yang kamu punya, sehingga menghasilkan perpaduan outfit keren untuk segala suasana.