Pantai Kuta

Bali selalu identik dengan pantai Kuta, pemahaman ini sangat beralasan karena pantainya sendiri merupakan salah satu ikon pariwisata yang sangat besar. Namun, tahukah kamu bahwa sebelum menjadi jantung pariwisata, pantainya berperan sebagai lokasi perniagaan?

Sejak zaman dahulu, pedagang–pedagang lokal dan pengrajin Bali menjajakan dagangannya melalui pantai di Barat Pulau Dewata ini. Pedagang lokal bertukar komoditas dengan orang–orang asing.

Popularitasnya meningkat seiring keputusan Mad Lange, pedagang dari Denmark, mendirikan pusat dagangnya di Kuta.

Namun, popularitas Kuta berubah menjadi pariwisata setelah seorang penulis bernama Hugh Mahbett menuliskan buku yang berisi ajakan agar masyarakat mulai mengembangkan berbagai fasilitas paket liburan ke bali. Sejak saat itu pantainya mulai terkenal dan banyak pengunjungnya.

Daya Tarik Pantai Kuta Bali

Salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik mengunjungi pantainya adalah panorama alamnya. Bentangan pasir putih yang luas ditambah dengan keindahan pantainya ketika senja mulai datang, membuat wisatawan takjub karenanya.

Berjalan beriringan menyusuri pesisirnya bersama pasangan atau orang tercinta menjadi kegiatan favorit ketika sedang berkunjung ke pantainya. Terlebih ketika laut sudah memerah terkena pantulan mentari sore, membuat nuansa semakin romantis.

“Pantai matahari terbenam” itu adalah julukan pantai kuta karena keindahan suasana ketika menjelang matahari bersembunyi di balik luasnya Samudera Hindia. Meskipun banyak tempat lainnya untuk menikmati sunset, tidak ada yang mengalahkan pesona Kuta.

Keindahan lainnya adalah desiran ombak cukup besar, tetapi aman, menjadikan tempat ideal untuk menjajal salah satu olahraga air populer, yaitu selancar. Tidak perlu khawatir kalau masih pemula, akan ada seorang profesional yang siap mendampingi dan mengajarimu untuk menguasai olahraga air satu ini.

Kegiatan Seru Selama Berlibur ke Pantai Kuta

Ketika membaca deskripsi pantai Kuta, mungkin terbayang aktivitasnya hanya berjalan–jalan, menikmati sunset, atau berselancar saja. Tentu saja tidak demikian, ada berbagai aktivitas seru lainnya yang tak boleh kamu lewatkan ketika mengikuti paket wisata bali ini.

Menjalin Relasi Dengan Orang Luar Negeri

Karena terkenal sebagai salah satu destinasi favorit, tentu banyak sekali orang–orang dari berbagai penjuru dunia datang ke Kuta. Ini adalah kesempatanmu untuk berkenalan serta memperluas jaringan. Siapa tahu cocok untuk jadi partner atau bahkan pasangan hidup.

Belajar Memasak Makanan Bali

Selain banyak sekali restoran berjejer pada sepanjang jalan, terdapat beberapa tempat yang menawarkan kursus memasak makanan ala Bali. Pengalaman ini tentunya sangat menarik, karena kamu tidak perlu datang ke Pulau Dewata untuk menikmati makanannya.

Lokasinya terletak pada sekitar pantai, untuk mempermudah mobilitas ada baiknya menghubungi jasa sewa mobil murah di Bali. Sehingga ketika berkeliling tidak perlu bingung serta khawatir tersesat.

Ikut Kegiatan Konservasi Penyu

Kesadaran terhadap kondisi ekosistem laut mulai berkembang pesat, mengingat semakin banyak wisatawan semakin banyak pula sampahnya. Karenanya banyak berkembang komunitas peduli lingkungan, mulai dari membersihkan pantai hingga menyediakan penangkaran penyu.

Sebagai wisatawan, kamu dapat berperan mulai dari mengenal bagaimana konservasinya berjalan, ikut serta dalam kampanye, serta apabila ada event tertentu bisa mengikutinya.

Akses Menuju Pantai Kuta Serta Berbagai Fasilitasnya

Pantai Kuta berada di sebelah Barat Pulau Dewata, persisnya di kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Letaknya tidak jauh dari bandara Internasional Ngurah Rai Bali, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit saja sudah bisa sampai ke pantainya.

Letaknya yang strategis membuatnya ramai pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini terkadang menimbulkan masalah karena sering sekali parkirnya penuh sesak. Sehingga harus parkir sangat jauh dari titik wisatanya.

Terlebih lagi apabila sewa bus Bali, ada kemungkinan wisatawan harus jalan sekitar beberapa puluh meter. Namun, perjalanan tersebut tidak terasa berat karena banyak sekali keindahan yang dapat kamu nikmati. Mulai dari depot, restoran, hingga pusat oleh–oleh.

Sesampainya di pantai, ada banyak sekali fasilitas yang dapat kamu nikmati, mulai dari kursi bersantai, sewa perlengkapan selancar, tempat ibadah, rumah makan, kios perbelanjaan, hingga jejeran hotel atau penginapan.

Uniknya, meskipun termasuk lokasi wisata populer, pengunjung tidak perlu membayar untuk menikmati keindahan pantainya. Hanya bayar parkir sebesar Rp 2000 ketika bawa motor dan Rp 5000 ketika bawa mobil. Wisatawan juga bebas pergi ke pantai jam berapapun, karena pantainya tidak pernah tutup.

Pantai Kuta memang memiliki daya tarik tersendiri, baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Apabila kamu memiliki rencana berkunjung ke sana, ada baiknya segera persiapkan mulai dari sekarang. Mulai dari rencana perjalanan hingga anggarannya, jangan lupa selalu jaga protokol kesehatan.