Tips Menjadi Full Time Blogger
Bisnis

Tips Menjadi Full Time Blogger

Profesi blogger sudah sejak lama dilirik banyak orang karena pekerjaannya cukup mudah dan sederhana. Lalu, apa yang dikerjakan oleh seorang full time blogger? Tentu saja menulis konten dan membuat blog pribadi. Nah, dari tulisan dan blognya tersebut para blogger akan memperoleh penghasilan apabila sudah didaftarkan ke Google Adsense.

Tertarik menekuni dunia blogger lebih dalam? Jika iya, maka Anda membutuhkan tips menjadi blogger full time supaya sukses seperti Sugeng Riyadi dan Iwan Banaran. Memang tidak mudah mencapai kesuksesan tersebut, namun bukan berarti tidak dapat diwujudkan sama sekali. Nah, pelajari strategi menjadi blogger full time professional berikut ini.

1. Menetapkan Visi

Sebelum membuat blog, Anda perlu menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Menentukan visi merupakan hal paling mendasar yang dilakukan oleh para blogger profesional. Sebagai pemula yang baru saja memilih profesi full time blogger tidak boleh melewatkan langkah awal ini.

Membangun sebuah blog akan lebih mudah apabila pemiliknya telah memiliki tujuan yang ingin dicapai menggunakan blog tersebut. Sehingga ketika proses pengembangan suatu blog nanti, blogger tidak bingung lagi dengan arah menuju tujuan tersebut.

2. Menentukan Topik atau Pokok Bahasan

Jika ingin mendapatkan penghasilan fulltime blogger yang besar, maka bangun blog Anda dengan baik dan benar. Meskipun pekerjaan blogger hanya menulis konten dan membuat blog, ternyata masih ada beberapa hal yang perlu ditentukan di awal memulai. Salah satunya adalah menentukan topik atau pokok pembahasaan.

Lihat juga Ide Usaha Saat Puasa Ramadhan

Dalam membangun sebuah blog, sangat tidak dianjurkan mencampur adukkan topik pembahasaan. Anda perlu fokus pada satu topik saja untuk dikembangkan dalam jangka panjang. Tentukan topik atau pokok bahasan sesuai dengan keahlian dan minat Anda.

3. Memilih Platform Terbaik untuk Membuat Blog

Kunci sukses menjadi seorang blogger adalah tepat memilih platform blog. Perkembangan blog Anda akan terhambat apabila salah memilih platform. Hal ini penting diperhatikan dan perlu dipikirkan sebelum mulai menjalankan profesi ini secara full time.

Saat ini tersedia banyak pilihan platform blog mulai dari yang berbayar hingga gratis digunakan. Anda bebas memilih platform mana saja yang dirasa sesuai dengan tujuan dan kemampuan yang dimiliki. Adapun pilihan platform blog terbaik yang dapat dimanfaatkan oleh blogger pemula adalah Content Management System (CMS) seperti WordPress.

4. Mengatur Jadwal dengan Baik

Time management yang gagal dapat berdampak buruk terhadap para blogger. Jelas full time blogger salary tidak akan sesuai harapan karena gagal mengatur jadwal dengan baik. Kesalahan ini bisa berdampak besar terhadap seorang blogger yang tidak menaruh perhatian terhadap hal sepenting ini.

Walaupun kegiatan blogging tidak harus dilakukan pada waktu-waktu tertentu , namun tetap saja blogger harus pintar mengatur jadwalnya. Tips mengatur jadwal dengan baik dimulai dari menentukan target posting, memaksimalkan waktu produktif, mencatat ide konten, dan mengulangi kegiatan tersebut.

5. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang full time blogger adalah menulis. Blog Anda membutuhkan tulisan atau artikel sebagai produk utamanya. Oleh karena itu, buatlah artikel yang berkualitas dan memiliki manfaat bagi pembacanya. Latih kemampuan menulis Anda hingga menghasilkan artikel berkualitas untuk blog yang sedang dikembangkan.

Kemampuan menulis bisa diasah setiap hari dengan cara menulis artikel-artikel ringan terlebih dahulu. Buatlah artikel menggunakan bahasa santai, sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca.

6. Selalu Belajar Hal Baru

Selain informasi yang bermanfaat, pengunjung blog juga membutuhkan informasi terbaru dan terupdate dari blog Anda. Oleh karena itu, terus pelajari hal baru bila ingin meningkatkan jumlah visitor blog yang dimiliki. Buatlah konten unik dan menarik perhatian pembaca dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

Belajar hal baru dari berbagai sumber dan referensi, bisa dari portal internet, buku, hingga pengalaman pribadi. Beberapa hal penting yang harus dipelajari oleh seorang blogger sukses adalah cara edit gambar, coding, SEO (Search Engine Optimization) dan networking.

7. Tetaplah Produktif

Jarang mengupload konten di blog dapat menandakan blogger tersebut tidak mengurus blognya dengan baik. Jika tidak ingin mendapat kesan jelek dari pembaca, maka Anda perlu rutin mengupdate blog. Jadilah blogger produktif yang bisa mengelola blognya dengan baik seperti halnya para enterprenuer yang mengatur bisnisnya.

Memang tidak mudah menjadi produktif, namun hal ini wajib dilakukan jika ingin menjadi seorang full time blogger income besar. Bagi blogger baru yang ingin tetap produktif, Anda dapat menggunakan mind map, template, cara kerja podomoro hingga update konten secara berkala.

8. Berkomunikasi dengan Baik

Dalam mengembangkan sebuah blog, Anda wajib menjalin komunikasi yang baik dengan para pembaca. Secara tidak sadar para full time blogger sering melakukan kesalahan seperti tidak membangun komunikasi dengan pembacanya. Jika ingin menjalani profesi blogger, Anda perlu menghindari kesalahan kecil yang dapat menjadi hambatan tersebut.

Maka dari itu, tingkatkan komunikasi dengan para audiens dalam blog yang sedang dikembangkan. Tips sukses membangun komunikasi baik dengan para pembaca ada banyak. Salah satunya dengan cara membalas sendiri semua komentar pembaca dengan bahasa yang sopan.

9. Selalu Kreatif dan Konsisten

Buatlah informasi bermanfaat yang tidak dimiliki oleh blog lainnya. Usahakan konten yang dibuat selalu kreatif dan semenarik mungkin hingga pembaca selalu mengunjungi blog tersebut. Blogger akan lebih cepat sukses bila memiliki informasi bermanfaat, terbaru dan memiliki media pendukung.

Setelah melakukan hal tersebut langkah selanjutnya adalah konsisten dengan apa yang dikerjakan. Blog tidak akan berkembang baik bila pengurusnya saja angin-anginan, jarang upload dan tidak jelas informasi yang disampaikan.

10. Perluas Jaringan atau Relasi

Dalam mengembangkan blog memang bisa sendiri membuat kontennya. Namun, lebih baik lagi jika Anda memiliki strategi efektif seperti menggandeng pihak lain. Dengan memperluas jaringan atau relasi, Anda dapat lebih mudah mempromosikan blog yang dimiliki. Jika blogger tidak melakukan teknik ini, kemungkinan besar perkembangan blog bisa lebih lama.

Lihat juga Usaha yang Menjanjikan 2021

Itu tadi 10 tips menjadi full time blogger yang harus dikerjakan pemula. Jangan lewatkan satupun tips-tips yang kami bagikan bila tidak ingin kesuksesan tercapai semakin lama.

Title : Tips Menjadi Full Time Blogger

You might also like